Rabu, 04 Januari 2012

Studi Kompetensi Akademik Guru Teknik Informasi Dan Komunikasi SMAN Se-Kabupaten Sinjai


ABSTRAK

Abdul Zahir, 2010, 052514002. Studi Kompetensi Akademik Guru Teknik Informasi Dan Komunikasi SMAN Se-Kabupaten Sinjai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan: gambaran tentang kompetensi akademik guru teknik informasi dan komunikasi SMAN se-Kabupaten Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional (correlational research) yaitu untuk mendeteksi pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar Teknik Informasi Dan Komunikasi di SMAN di kabupaten Sinjai. Penelitian menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan tes pengetahuan. Sebelum instrumen tersebut digunakan terlebih dahulu diuji kelayakannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji valliditas untuk variabel Y (menggunakan analisis butir) dari 32 butir dan semua butir dinyatakan valid. Data diperoleh dari jawaban atas pertanyaan dan atau pernyataan yang diajukan pada angket dan tes pengetahuan, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif (untuk mengetahui nilai mean, median, nilai minimum dan maksimum, standar deviasi, variansi, distribusi frekuensi). Di samping itu, juga menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi ganda (untuk mengetahui pengaruh variabel terikat baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) secara umum Kompetensi Akademik Guru Teknik Informasi Dan Komunikasi SMAN Se-Kabupaten Sinjai terkategori belum kompeten, dan (2) tingkat pelatihan dan pengalaman mengajar  memiliki pengaruh yang positif terhadap Kompetensi Akademik Guru Teknik Informasi Dan Komunikasi SMAN Se-Kabupaten Sinjai,
Dengan hasil penelitian ini, kepada Guru Teknik Informasi dan Komunikasi SMAN Se-Kabupaten Sinjai, hendaknya mampu meningkatkan tingkat pelatihannya  dan juga memaksimalkan pengalaman mengajar  yang dimilikinya sebagai seorang guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mendidik dan menciptakan manusia yang berprestasi.


Kata Kunci:
Kompetensi Akademik Guru, Tingkat Pelatihan, Pengalaman Mengajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar