Minggu, 18 Maret 2012

ASSESSMEN PEMBELAJARAN

1.             Pengertian Assessmen Pembelajaran

No
Konsep
Defenisi
Contoh
1
Evaluasi
a.    Proses menyediakan informasi yang dapat dijadikan sebagai  pertimbangan untuk menetukan harga dan jasa (the worth and merit) dari tujuan yang dicapai, desain, implementasi dan dampak untuk membantu membuat keputusan, membantu pertanggungjawaban dan meningkatkan pemahaman terhadap fenomena (Widoyoko, 2011),
b.    suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauhmana tujuan program telah tercapai (Grounlund, 1985),
c.    suatu kegiatan sistematis yang dilaksanakan untuk membantu audiensi agar dapat mempertimbangkan dan meningkatkan nilai suatu program atau kegiatan (Mutrofin, 2010),
d.   Suatu proses menilai sesuatu berdasarkan criteria atau tujuan  yang telah ditetapkan, yang selanjutnya diikuti pengambilan keputusan (tercapai/tidak, sesuai rencana/tdk sesuai) atas obyek yg dievaluasi (Djaali, 2008).
Evaluasi terhadap suatu program tertentu, evaluasi program pembelajaran, evaluasi terhadap suatu kegiatan, dan lain-lain
2
Assessmen
a.    Kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu (Widoyoko, 2011),
b.    Kegiatan mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk, bersifat kualitatif (Arikunto, 2003),
c.    mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan mengacu pada ukuran tertentu, seperti menilai baik atau buruk, pandai atau bodoh, tinggi atau rendah, dan sebagainya (Djaali, 2008).
Assessmen pembelajaran, penilaian portofolio, dan lain-lain
3
Pengukuran
a.    Penetapan angka secara sistemik untuk menyatakan keadaan individu (Mardapi, 2000),
b.    Proses kuantifikasi atau penetapan angka tentang karakteristik atau keadaan individu menurut aturan-aturan tertentu (Widoyoko, 2011),
c.    Membandingkan sesuatu dengan satu ukuran, bersifat kuantitatif (Arikunto, 2003).
Pengukuran berat dan tinggi badan, pengukuran lapangan bola, pengukuran kognitif anak, dan lain-lain
4
Tes
a.    Salah satu cara menaksir besarnya kemampuan seseorang secara tidak langsung, yaitu melalui respons seseorang terhadap stimulus atau pertanyaan  (Mardapi, 2008),
b.    Salah satu alat untuk melakukan pengukuran atau mengumpulkan informasi karakteristik suatu objek (Widoyoko, 2011),
c.    Suatu pertanyaan atau tugas atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang obyek tes dimana pertanyaan atau tugas-tugas tersebut mempunyai jawaban  atau  ketentuan yang dianggap benar (Asmawi Zainul & Noehi Nasoetion, 1997).
Tes bakat dan minat, tes kecepatan, fit and proper test, dan lain-lain

2.             Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Assessmen dan Evaluasi Pembelajaran